Saturday, June 9, 2012

Pare in Memory

Guys, kalian familier gak sama yang namanya Desa Pare? Nggak? Sama dong! Awalnya gue juga nggakpernah denger sama sekali soal yang namanya Pare-Parean ini. Gue cuman tau kalo pare itu adalah nama...entah itu sejenis buah atau sayuran:-/ Mungkin juga ada yang pernah denger atau bahkan pernah ke sana? Sama juga dong! Gue juga pernah ke sana dan akhirnya sekarang gue ngerti soal Pare! \:D/ #apaan
Di sini gue bakal cerita seeemua yang telah ku alami di Pare. Cekidot->
Waktu itu tanggal gatau bulan Mei, seingetku malem Selasa. Gue di SMS sama Atep soal Pare-Pare gitu. Gue nggak ngerti nih anak ngomong apaan. Dan dia bilang kalo Mrs Endang ngajakin ke Pare. Nah, dari situ gue menyimpulkan Pare adalah suatu “tempat”. Tapi gue pikir, kalo emang Mrs Endang niat ngajak, beliau bisa ngajak gue face to face atau ear to ear #halah.
Keesok harinya, gue latian drama buat kelas 9A soalnya Bu Yurin bilang drama 9A harus jadi. Nah, Mrs Endang tiba-tiba muncul tak diundang dan nanyain soal drama. Di situ gue terus terang kalo kelas 9A susah diatur dan...yah, hopeless banget gitu deh ceritanya. Then, jiwa sales Mrs Endang pun keluar. Beliau ngajakin ke Pare dengan solusi di sana kita bikin drama yang bakal dipentasin di acara tutup tahun besok. Awalnya yang gue rasain adalah...shock. Pikiran dan imajinasi liar gue gentayangan kemana-mana. Mrs Endang ngiklaninnya kayak hokoh banget. Katanya Pare itu sebuah perkampungan yang orangnya saling berbicara bahasa Inggris. Mampuslah gue bisa mati kutu! Tapi gue juga ada ide, gue maunya ikut kalo Sharon ikut. Sharon kan lumayan pede tuh ngomong Inggris, dia bisa jadi translator gue wkwk=)) Ya gitu deh akhirnya gue iyain kalo Sharon juga iya. Di rumah akhirnya gue juga mikir, kayaknya keren nih kalo gue balik dari Pare bisa berasa bule sangar yang bisa nyerocos pake Inggris. Icip-icip bisa kali ya ke Pare?
Bagian gak pentingnya di Skip aja. Akhirnya setelah packing berkepanjangan, hari H pun tiba. Kami disuruh ngumpul ke sekolah. Jujur aja gue takut gabisa nggabung sama Vitaningtyas sama Pontifisia. Soalnya aku emang gak begitu kenal mereka.
Pas di Bus (gausah tanya gimana repotnya kita nyari bus yang namanya EKA), Mrs Endang bilang kalo Nona Nisya, anak beliau, ulangtahun. Terus mau dikasih surprise! Aku sih ngebayanginnya bakal ada makan-makan kue tart, dan itu yang bikin aku bersemangat ikutan bikin surprise:9 Malemnya surprise pun (walaupun agak mekso) diadakan. Kayaknya sih bukan surprise soalnya Nona Nisya gak begitu terpengarah tersentak terkaget-kaget dan terkejut, tapi...yah anggeplah itu semacam surprise ya. Terus kamar untuk tidur. Waktu itu aku disuruh Mrs Endang tidur di kamar sebelahnya. Tapi aku ngerasa gak suka gitu. Terlalu pengap dan I think kasur segitu, dengan cara tidurku yang nyepak-nyepak, gak bakal muat. Akhirnya aku milih kamar yang lumayan luas tapi tidurnya nggak spring bed, cuman kasur yang di lantai gitu. Aku emang udah rencana tidur bertiga sama Sharon dan Dhila, tapi terus Dista dan Kiki pengen ikutan nimbrung sekamar, soalnya emang space nya luas. Vita sama Fia tidur di kamar yang samping Mrs Endang karna mereka emang sejenis lesbi gitu ya:-/ Tiba-tiba Vita dateng ke kamarku dan bilang kalo dia lupa bawa “sesuatu” yang sangat fatal untuk dilupakan, karna sesuatu itu digunakan setiap hari. Satu kalimat yang terlontar di bibir sexy ku: “Vita ternyata cantik-cantik idiot, ya?” dan di situ aku menilai kalo si Vita engga sesombong yang sering aku prasangka-kan.
Malem pertama (ambigu banget) kita tidur di situ, kita tidur jam satu-an coba. “Kita” maksudku Sharon, Dista dan aku. Kalo personel laennya udah tewas duluan.
Sebenernya kalo aku ceritain semuanya bakal makan waktu banyak dan page banyak, jadi aku ringkes aja ya;)

ChibierzZt
Entah gimana asal-usulnya, kami—yang terdiri dari aku, Sharon, Vita, Fia, Dista, Kiki dan Dhila—bisa jadi sebuah gank mendee yang namanya ChibierzZt. Soalnya emang Cherrybelle ada 7 member, kan? Kalo ada event unyua di Pare, kita bakal mengeluarkan yel-yel kebangsaan kita: “Chibi chibi chibi? Hak? Hak? Hak. Dan ternyata kalo kita mengeluarkan yel-yel kita, anak-anak cowok juga ikutan:-/

The Papaya’s
Ternyata cowok-cowok juga gakmau kalah, lho! Cowok juga membuat sebuah gank gondee yang namanya The Papaya’s. You know? The Papaya’s terdiri dari Jagad, Wahyu, Arifin, Dio, Maulana dan Hamas. Tapi yang agak nelangsa itu si Dio karna Dio sering di bully sama anak-anak personel The Papaya’s yang laen. Kacian, yah? Sebenernya nama mereka itu punya arti yang agak...err banget gitu. Waktu di Pare sono, anak-anak cowok kan pada suka boker tuh, gara-gara catering homestay kita itu masakan Sumatera. You know ya makanan Sumatera itu pedes-pedes. Mereka ga suka tersiksa gara-gara kebelet boker tapi susah keluarnya #apaan. Nah, akhirnya mereka bikin gank namanya The Papaya’s. Kalian tau kan papaya itu apa? Yup, papaya! Papaya itu adalah buah yang bikin boker lancar, nah dengan bikin nama gank mereka The Papaya’s mereka ingin agar the member of The Papaya’s semua lancar bokernya. Yah, you know ya mereka itu agak-agak “SESUATU” di otaknya itu. Hrrrr...

Kegiatan di Pare: NGE-BULLY
Di Pare emang kegiatan kita belajar listening, speaking, vocab dan grammar. Tapi belajar seriusnya cuman sampe hari...Kamis gitu. Setelah hari itu, kita fokus di acara penutupan di Pare. Sebenernya Pare itu beda banget sama bayanganku. Di sana tuh kampung biasa, sebagian orang emang manggilnya “Miss”, tapi gak sampe semuanya make bahasa inggris. Di sana kami sibuk nge-bully tentor kami. Karna sampe hari Rabu Mr Yono bareng sama kita di Pare, kita nge-bully beliau habis-habisan. Pokoknya kita ngejek-ngejek Mr Yono, walaupun beliau juga bisa membela diri menghadapi cewek-cewek macam setan kayak kita ini. setelah Mr Yono pergi, untuk sementara, beliau digantikan oleh tentor yang bernama Mr Irwan. Beliau adalah guru grammar, speaking dan listening kami. Sampe bosen liat mukanya terus-menerus-_-“ ternyata Mr Irwan juga enak di bully. Selama dua hari kita ngebully Mr Irwan, dan hari Sabtunya Mr Yono udah kembali (y) sasaran empuk pembully-an ada dua, nih! Nge-bully nya kayak gimana? Yah, aku juga ga bisa cerita secara men-detail. Gak bakal bisa dilukiskan dan diungkapkan dengan kata-kata #apaan. You know, ternyata Mr Irwan itu sejenis GONDEE atau bahasa di Jogjanya GONDES. Tau gak nama account Facebook-nya Mr Irwan? Outsider Menuju Temaram. Unyua banget gak sih?=))

Menjadi Detektif Sehari
Awalnya tuh ChibierzZt cuman iseng aja jodoh-jodohin Mr Irwan sama Miss Tia. Miss Tia itu guru vocab kami. Tapi kok kayaknya emang bener ada chemistry di antara mereka dan dengan dodolnya, kami ngorek-ngorek informasi tentang mereka. Gatau gimana ceritanya ChibierzZt berhasil menemukan foto Mr Irwan dan Miss Tia berdua di hape nya Miss Tia (pose mereka ya Allah gondee mandee banget-_-“) Miss Tia sama Mr Irwan dipojok-pojokin teteep aja gamau ngaku kalo ada “sesuatu” di antara mereka. Alhasil, kami sendiri yang ngubek-ngubek bagi tugas untuk satunya mengalihkan perhatian, satunya ngorek informasi sebanyak-banyaknya di hape Miss Tia. Eeh Dista sang Jenius dan Pesek itu akhirnya menemukan sebuah fakta yang tak bisa dipungkiri lagi! Kontak Mr Irwan di hapenya Miss Tia namanya “PAPAH”. Kenapa kita bisa yakin itu adalah Mr Irwan? Karna di conversation nya, kontak “PAPAH” itu bilang kalo motornya mau dipake sama FIRDA, yaitu GUE. dan emang hari itu gue minjem motornya si PAPAH alias MR IRWAN. Jeng jeng!! You know, ada fakta sebegitu faktanya sampe terlalu fakta untuk dikatakan fakta, Miss Tia gak mau ngaku! Yah, intinya mana ada maling ngaku. Tapi kayaknya pas acara penutupan di Pare mereka udah sadar diri deh gakmau sok sembunyi-sembunyi di depan kita. Yah, semoga aja mereka langgeng, biar pas nikahan kita diundang dan yang terpenting adalah...MAKAN-MAKAN :D

Mr KILL ME
Sebenernya namanya bukan Mr Kill Me, tapi Mr ‘Ilmi. Tapi lebih enak kalo dipanggilnya Kill Me. Siapakah dia? Sebenernya Mr Kill Me itu adalah guru grammar kami. Tapi gatau kenapa beliau nggak jadi ngajar. Kata Mr Irwan gara-gara Mr Kill Me sibuk di Cell. Tapi ternyata faktanya MR IRWAN GAK NGIJININ MR KILL ME NGAJAR KITA! Entah itu apa alesannya, menurutku karna kita begitu unyua sampe Mr Irwan ngerasa tertarik dengan pesona kita yang susah ditolak itu dan ingin mengenal kita lebih dekat (yuck banget bahasa gue-__-). Fyi, Mr Kill Me pernah suatu malem dateng ke homestay kami dan apa yang dia lakukan sebagai balasan sapaan ChibierzZt?? Mr Kill Me nge-f*ck kami!!! Beliau mengacungkan jari tengahnya dan itu gak cuman sekali! Apaan coba maksudnya? Selidik punya selidik, ternyata Mr Kill Me mennganggap bahwa mengacungkan jari tengah sama dengan mengacungkan jempol. Dan mengacungkan jempol sama dengan mengacungkan jari tengah. Agak anjer gimana gitu gak sih pikirannya?-_-

NAEK ODONG-ODONG
I know. Pasti kalian terbelalak nggak percaya kan soal judul di atas? Sebenernya itu emang benar-benar terjadi dan awalnya kita-kita juga terbelalak kaget waktu denger rencananya Mr Yono mau ngajakin kita naek odong-odong keliling Pare. I mean, heloooooooo yang bener aja gitu lho kalo kita anak segede gambreng begini mau naek odong-odong?? Ternyata istilah Pare dan Jogja beda soal Odong-odong. Ternyata di Pare sana odong-odong adalah kereta-kereta kayak di Alun-alun gitu. Tapi odong-odong punya kita keren banget lho soalnya bentuknya Naga-naga gitu deh B) ChibierzZt duduk di belakang dan kami paling rame di situ. Soalnya ada kerja sambilan juga, kita ngebully Mr Yono dan kita foto-foto eksotis, naek odong-odong berasa ada efek angin yang bikin rambut kita berkibar-kibar.

SOK MODEL
Suatu malam, Fia dan Vita ngajakin foto-foto sok model gitu. Aku sih tertarik aja, soalnya aku ngerasa belom begitu banyak foto kenangan di Pare. Tapi yang laennya pada gak begitu tertarik. Ya okelah, akhirnya Aku, Kiki, Vita dan Fia pun foto-foto sok model di kamarnya Vita&Fia. Nah, mulai malam itu lah bermula yang namanya “Kata-Kata Ambigu”. Gausah tanya ya awalnya gimana kok bisa ngomongin Ambigu-an kayak gitu. Wkwk=)) Pokoknya ngomong kepleset sedikit langsung otakku sama Fia mulai ber-ambigu-ria. Imajinasi liar bergentayangan. Dan itulah yang sampe sekarang kita, anak ChibierzZt omongin. Kata-kata ambiguuu mulu. Tapi kayaknya kalo si Kiki ikutan meng-ambigu, jatohnya bakal ga jadi ambigu, langsung to the point. Wkwkw=))

SOMETHING HAPPENED
Hari terakhir kita di Homestay, begitu selesai acara penutupan, kita langsung dipertemukan oleh SESUATU di Homestay. Ternyata yang Stay di situ bukan cuman kita, tapi ada “sesuatu” yang laen. Untuuung aja ya itu hari terakhir, jadi begitu besoknya kita udah hengkang dari homestay, baru deh kita langsung gossip sana sini ngomongin Homestay kita. Hiiiiiiii.......

WOMAN IN BLACK
Entah gimana gue bisa nonton film horror beginian. Padahal ya gue ini paling parno sama namanya film horror. Tapi karna kata Fia itu nggak horror dan nontonnya bareng-bareng, gue beraniin diri untuk nonton. Awalnya sih biasa aja. Selama nonton aku sengaja komentar gak mutu biar gak kebawa ceritanya. Sampe aku khawatirin anjing di film itu—terus terang aja, aku emang khawatir sama nasib anjingnya. Pas tiba-tiba adegan klimaks nya, HOAAAA!!!! Kami semua jejeritan banter banget. Dan parahnya, gaada orang yang peduli sama jejeritan kita!-_- paling engga tuh ya anak cowok yang bersikap ksatria dateng dan nanya: “ADA APA???” atau apakek. Ternyata anak cowok pada gak peduli-_-shit banget gak sih? Nah, Mrs Endang tuh pengen ikutan nimbrung penasaran. Pas di repeat, Mrs Endang sama sekali gak kaget malah beliau yang sering ngagetin aku, nepuk pundakku mendadak-_- Hrrr...akhirnya malem itu aku gak kebawa mimpi, kok soalnya ending-nya gak nggantung. Ending nggantung bener-bener bikin hidupku gak nyaman!!

FAREWELL PARTY
Suatu malam, ChibierzZt ngumpul di kamar Mr Irwan dan kita nanyak
C: “Menurut mister, apa yang kurang dari kita?”
I: “Maybe, about your religion?”
C: “Why do you think so? You know, kita kan sholat 5 waktu de el el, kenapa mister bs bilang religion kita kurang??”
I: “Maybe bcs your clothes...” intinya karna kami suka pake celana pendek dan pakaian terbuka. Errrrrrr
C: “But, you know di sini itu fuanasss banget, mister! Gak kayak di Jogja!”
Yah, dengan begitu, kita pun sepakat untuk memberikan secret moment yang di situ kita baca Al-Qur’an, biar Mr Irwan tau kalo religion kita itu gak kurang!
Di Farewell itu, kami mementaskan drama dan speech. Fia dan Jagad jadi MC. Dista diberikan suatu kebanggan dengan ditunjuk untuk speech. Ada yang nyumbang suara emasnya. Dista-Arifin nyumbang Someone Like You. Nona Nisya-Mr.Irwan nyumbang California King Bed. Trs Sharon&Kiki-Mr.Irwan nyumbang Price Tag. Dan yang laennya pada drama. Drama kami Romeo Juliet yang dicampur aduk sama Aladdin dan Cinderella. Ancur-ancuran deh pokoknya! Aku as Romeo, Sharon as Juliet, Emily as Kiki, Sarah as Dhilla, Farah as Dista, Prince as Jagad, Tom as Dio, Grandfa as Hamas, Bob as Arifin, Jack as Wahyu, Penghulu as Wahyu, Vita as Narator dan Maulana as Composer di backsound. Can you imagine gimana ancurnya drama tersebut?:-/ tapi untungnya audience pada puas dengan aksi kita malam itu dan mereka beranggapan itu lebih baik dari Farewell Party lainnya yang pernah ada. Wow! Gaul gak siiih?:D

PARE IN MEMORY
Semenjak pengalaman di Pare itu, aku bisa mengenal ChibierzZt dan The Papaya’s so well. Mereka ternyata adalah idiotic people. Mereka juga gak se-angkuh yang dulu aku sangka. Habis dari Pare, Mrs Endang kegilaan tuh ngajakin ke Happy Puppy JT dan kita gila-gilaan nyanyi. Aku milih lagunya 2PM – I’m your man dan aku nyanyi tereak-tereak sampe ngos-ngosan but Idc! Aku seneng bisa nyanyi lagu 2PM setelah selama beberapa hari nggak fangirling dan gatau perkembangan Korea sono! Pas waktu kita semua kelaperan, Mrs Endang kabur meninggalkan kita-kita dan nggak mau traktir makan T^T
But, semenjak seminggu di Pare itu kami ChibierzZt, Mrs Endang dan The Papaya’s bisa jadi deket. Sama Nona Nisya juga jadi deket. Kita bisa sok-sok naek mobilnya Mrs Endang dan Sharon jadi sopirnya. Cuman ngelilingin lapangan basket sekolah=))


Intinya Pare itu unforgettable! KANGEN PARE! LOVE PARE SOMAD DEH :* AYE AYE!


No comments:

Post a Comment