Saturday, April 25, 2015

Dedek-dedekan?

Hey,
long...oh no, I mean very long time no see, isn't it? Haha
Akhir-akhir ini emang banyak hal weirdos yang aku alami dan bahkan susah aku cerna menggunakan akal sehat. Mungkin beberapa yang lalu nggak sempet aku post di blog, tapi mungkin satu ini aku post aja kali ya mumpung pas banget lagi jomblo (kapan gak jomblonya?) dan lagi dibuat bingung sama satu hal.
Dedek-dedekan.

 
Apa itu dedek-dedekan? Yah, yang kalian ketahui mungkin sama minimnya kayak aku atau mungkin cuman aku yang pengetahuannya rada minim masalah istilah-istilah cinta (keliatan jomblonya). Setauku dedek-dedekan itu maksudnya kakak-adek-zone. Kalo istilah yang itu kalian semua tau kan?
Jadi kurang lebih maksudnya kakak-adek ketemu gede dan yah, aku nggak melihat hubungan percintaan apapun di situ, namanya juga kakak-adek kan pastinya gak boleh ada rasa, sama halnya kayak kakak-adek sungguhan. 
Sebagai pengamat, aku kurang-lebih tau pengertian dari kakak-adek-zone, tapi baru kali ini aku ngerasain dan ternyata emang complicated ya? 
Dalam kasusku, aku emang bukan tipe anak yang gampang bawa-bawa perasaan cinta dalam suatu hal apapun, mungkin bisa dibilang aku nggak gampang dibuat jatuh cinta (ealah) jadi aku selalu biasa aja sama orang-orang yang ngaku lawan jenis. Cowok maupun cewek, semua kuanggep sama. Well, aku ketemu sama cowok di Secret (iya, mainannya anak jomblo. iya, aku jomblo), dia anak kuliahan dan kayaknya 2 tahun lebih tua dari aku. Inget kan kalo aku nggak gampang bawa cinta? Nah, sama dia juga sama.  Awal chat aku ngerasa nyambung dan sepemikiran, karna aku suka omongan yang berat dan dia juga bisa nyamain pemikiranku, aku rasa kita klop. Aku mikirnya mungkin kita bisa jadi temen sharing. Tapi makin ke sini aku makin dibuat bingung sama kelakuannya dia yang kayaknya nggak excited untuk balesin chat ku. Jadi aku terus yang selalu cari topik biar chat room nya nggak ilang. Dia jawabnya bener-bener sekenanya dan bahkan keliatan nggak peduli mau topiknya abis atau chat room nya ilang. Aku pernah ngerasa nggak kuat sama kelakuan dia, terus dengan alasan mau fokus UNAS, aku leave chat dan sebelumnya aku kasih id LINE biar kalo ada apa-apa kita bisa tetep kontak.
Pastinya ada tahap aku ngerasa kehilangan. Dia temen sharing yang enak dan orangnya selalu open minded, bukan berarti dia dewasa ya. Cuman dia realistis. Dan di saat aku pengen cerita tentang apapun, dia pasti ada dan bales dengan cukup memuaskan. Kurang lebih seminggu berlalu dan aku udah lupa tentang dia.
Tapi entah takdir atau cuman kebetulan, kita ketemu lagi dichat. Pertama dia bales chat, aku langsung curiga kalo itu dia. Aku tanya "Gimana presentasinya?" dan dia langsung jawab "Besok jumat baru mau presentasi." Aku langsung kagetlah. Jadi sebelum aku leave, dia pernah bilang kalo mau presentasi makanan, produk dia gitu dan aku ngetes beneran dia atau nggak. Dan ternyata. Well. Ketemu. Dia. Lagi.
Trus aku bales "..." dia bales "Ini firda kan?" trs berlanjut chat nya sampe sekarang ini detik ini. Ah, nggak detik ini juga sih. Aku sekarang berada di tahap muak, kayak yang aku pernah alami dulu. Muak akan semua pemikiran dan topik yang berusaha aku buat. Muak sama balesan dia yang cuman sekenanya. Muak sama sok gantengnya dia. Muak sama pemikiran dia yang kadang aku nggak pernah paham (nggak. dia nggak misterius. jauh.). Intinya capeklah.
Lebih capek lagi ketika aku akhirnya jujur sama dia. Aku tanya sama dia bosen nggak chat kayak gini. Trus dia jawab nggak, soalnya prioritasnya dia bukan chat. Entah itu masuk akal atau nggak. Trus aku tanya sama dia "Apa kita gak bisa temenan kayak orang normal?" trus dia bilang "Kamu kan dedek-dedekanku". Aku udah muak dengan status itu. Dulu dia emang sempet bilang kalo aku bukan temennya, tapi dedek-dedekannya. Dan sumpah aku nggak paham sama maksud dari dedek-dedekan itu. Pengertiannya nggak semudah dari apa yang aku tulis di atas tadi. Aku rasa ini complicated. Aku tanya sama dia definisi dari dedek-dedekan itu apa, tapi dia nggak mau jawab dan nyuruh aku googling. Karna emang aku penasaran, aku cari di Google dengan keyword "pengertian dedek-dedekan" dan yeah nggak ketemu. Aku makin desperate. Dia bilang kalo aku bukan temennya, tapi dedek-dedekannya dia. Kepikir nggak sih maksudnya apa? Trus aku harus berperilaku kayak gimana? Emang kalo dedek-dedekan balesnya harus singkat kayak gitu? Kalo dedek-dedekan harus aku yang cari topik terus gitu? Kalo dedek-dedekan ya aku juga yang harus memperjuangkan ini semua? Aku cuman mau jadi temen, nggak lebih. Aku ngerasa kayak aku doang yang mau chat, tapi dianya ogah-ogahan dan bahkan males. Berasa kayak aku ngejar dan naksir padahal nggak. Dia juga pernah bilang kalo dia nggak percaya kalo aku nggak mau pacaran sama dia. Wtf?! Who the hell are you? I mean, kamu tu ngerasa udah sekeren apa sih sampe pede banget bilang kalo aku pengen pacaran sama dia? Oh, God c'mon! Dia bahkan memandang aku rendah banget, dipandang sama kayak cewek-cewek lainnya yang langsung ngebet begitu liat cowok ganteng.
Seriously, aku muak.
Tapi aku takut salah langkah kalo harus ninggalin dia lagi. Takut kalo ternyata dia bermanfaat suatu hari nanti atau gimana, tapi aku nggak bisa kalo gini terus. Entah sama siapapun itu, aku nggak suka rasa nggak dianggep gini.
Aku post di secret, aku butuh kejelasan tentang dedek-dedekan ini. Aku ngepost yang berisi pertanyaan akan definisi dari dedek-dedekan. Kurang lebih emang yang comment biasa aja, nggak spesifik. Tapi ada yang bikin aku tertarik, aku langsung ngechat dia dan tanya definisi itu secara terperinci. Kayak gini balesannya:
"Dedek-dedekan ya kamu tuh lebih dari temen tapi nggak lebih dari pacar. Jadi dia bisa memperlakukanmu kayak pacar, tapi kamu nggak bisa nuntut apa-apa dari dia. Jadi kamu nggak ada hak buat cemburu sama dia atau apapun itu. Soalnya kamu cuman dedek-dedekan. Dia nggak mau 'tanggung jawab' kalo kamu nanti baaper dan pengen jadi pacar dia. Jadi kalo kamu udah dianggep dedek-dedekan, apapun yang dia lakuin jangan kamu buat baper. Karena yaa kamu bisa apa kalo kamu baper, nggak bisa apa-apa"
dan
"Don't ever cry or being sad or gloomy because of him. He doesn't care about your feeling anyway. Believe me, you deserve a better person and he is not worth to fight for. Jadi kalo mau yang serius, leave him. Pasti banyak yang mau sama kamu dan nggak main-main. Cheer up!"

Really....really touched. Hiks. Walaupun aku nggak begitu paham mana yang bisa kusambungin sama ceritaku, tapi aku bener-bener ngerasa tersentuh dan aku buat kesimpulan sendiri. 
"Kamu itu cuman dedek-dedekan, dia nggak peduli sama apa yang kamu rasain, percuma kamu ngarepin jadi temen dia, toh dia nggak menunjukkan ketertarikan bukan?"
Tapi masih aja nggak bisa menjawab pertanyaanku, trus aku harus ngapain kalo ternyata aku dedek-dedekannya dia? Kita bukan temen, bukan juga pacar. Aku nganggep dedek-dedekan itu sebuah pertemanan, tapi dia bilang bukan. Lalu apa yang harus dilakukan dedek-dedekan ketika mengalami kegalauan kayak gini? 
Dan yang paling bikin aku bingung,
kenapa kamu masih mempertahankan dia, Fir? 

No comments:

Post a Comment